Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Advertorial · 27 Jun 2022 WITA

Wabup Lepas 130 Mahasiswa UGM dan UNMUL Ikuti KKN, Kasmidi : Ciptakan Inovasi yang Berguna Bagi Masyarakat


 Wabup Lepas 130 Mahasiswa UGM dan UNMUL Ikuti KKN, Kasmidi : Ciptakan Inovasi yang Berguna Bagi Masyarakat Perbesar

Kaltimterkini.com, SANGATTA- Sebanyak 130 Mahasiswa dari dua perguruan Tinggi ternama di Indonesia yakni Universitas Gajah mada (UGM) Jogjakarta dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda resmi di lepas oleh Wakil Bupati Kutai Timur(Kutim) H Kasmidi Bulang, untuk melaksanakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) di beberapa Desa yang ada di Kutim, acara tersebut di gelar di Halaman Kantor Bupati, Senin(27/6/2022).

Sebelum melepas, Wabup yang juga alumni UGM tersebut mengatakan, Kutim yang mempunyai luas wilayah setara Provinsi Jawa Barat plus Banten tersebut, di huni oleh masyarakat dari berbagai macam suku yang ada di Indonesia, sehingga keberagaman budaya dan adat istiadat tentunya juga beragam.

“Selamat datang di Kutai Timur, Insya allah nggak sesat kalau di sini, masyarakatnya juga enak di bina, apa lagi di datangi orang-orang hebat seperti adik mahasiswa ini, “ ujarnya di hadapan Sekretaris Daerah Rizali Hadi, Kepala DPMPDes Yuriansyah serta undangan yang hadir.

Kepada mahasiswa, Kasmidi berpesan apabila ada program KKN yang perlu melibatkan pemerintah daerah, maupu program yang berkelanjutan, agar bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat sehingga kegiatan tersebut menjadi produk yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. karena menurutnya, tujuan dari KKN adalah untuk menciptakan inovasi, mengedukasi serta mendampingi masyarakat.

“Harapan saya tidak Muluk-muluk terkait programnya, tapi berikan mereka yang terbaik bagi masyarakat, karena mereka sangat bangga apabila ada orang terpelajar datang di desa mereka, “ ujarnya.

Tak lupa, Kasmidi juga memberikan apresiasi sekaligus penghargaan bagi kedua Universitas ternama tersebut, yang sudah memberikan ruang bagi mahasiswanya untuk melakukan pengembangan kompetensi sosial dan kepribadian serta bisa berinteraksi dengan masyarakat Kutai Timur.

“Kalau bisa kedapan semua kecamatan di jadikan tujuan para mahasiswa untuk KKN, “ pungkasnya.

Sebelumnya, perwakilan kampus UGG, Multazam Haniffurahman menjelaskan, sebanyak 28 Mahawiswa dari berbagai jurusan yang tergabung dalam Tim Kutai Bersorai KKN PPM UGM angkatan 2019, akan melakukan kegiatan KKN di dua desa di Kecamatan Kaubun,yakni Bumi Etam dan Bumi Rapak, yang masing-masing desa di fokuskan menjadi beberapa kegiatan yang di harapkan mampu membantu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) di desa tersebut.

“Alhamdulillah kami ucapkan kepada pemerintah daerah yang sudah mensuport kami secara penuh mulai dari kedatangan sampai kami berada disini,” ucapnya.

Muhammad Arifin, Ketua Panpel KKN Unmul angkatan 48 mengatakan, secara keseluruhan untuk tahun ini Unmul memberangkatkan sebanyak 2.581 mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan KKN di seluruh Kabupaten- Kota yang ada di Kalimantan Timur, sedangkan di Kutim Unmul mengirim sebanyak 103 mahasiswa yang akan di tempatkan di 3 Kecamatan.

“Sangkulirang, Teluk Pandan dan Kaubun,” ujarnya. (Kt-Tj)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Cetak Generasi Qur’ani, 302 Santri Sangatta Utara di Wisuda

13 November 2022 - 08:46 WITA

Wujudkan Komitmen,Bupati Kutim Bangun Infrastruktur Jalan

13 November 2022 - 08:39 WITA

Tingkatkan Kompetensi SDM, Diskominfo Kutim Gelar Bimbingan Teknis Untuk Aparaturnya

12 November 2022 - 08:49 WITA

Ratusan Peserta Ikuti Penyuluhan Alishter KalTim- KalTara di Kaliorang

11 November 2022 - 08:42 WITA

Indominco Mandiri dan Kodim 0909/Kutai Timur, Kolaborasi Dalam Program Bedah Rumah

8 November 2022 - 23:24 WITA

Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik

16 Oktober 2022 - 19:07 WITA

Trending di Regional