Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Regional · 13 Nov 2022 WITA

Cetak Generasi Qur’ani, 302 Santri Sangatta Utara di Wisuda


 Cetak Generasi Qur’ani, 302 Santri Sangatta Utara di Wisuda Perbesar

SANGATTA – Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Sangatta Utara menggelar Wisuda Santri III di Gedung Serba Guna Bukit Pelangi, minggu (13/11/2022).

Dengan mengusung tema “Menyiapkan Generasi Qur’ani Menyongsong Masa Depan Gemilang”, DPK BKPRMI Sangatta Utara mewisuda 302 santri. Turut hadir di acara ini Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim), Kasmidi Bulang, Pembina TPA TPQ BKPRMI Kutim Hj Tirah Satriani, Ketua DPD BKPRMI Kutim Avandi, Ketua DPK BKPRMI Sangatta Utara Andik Sanyoto, Penasehat BKPRMI Sangatta Utara Kyai Muhammad Muslih, Kepala KUA Sangatta Utara, para ustadz/ustadzah dan orang tua santri.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang saat memberikan sambutan.

Saat memberikan sambutan, Wabup Kasmidi menyampaikan ucapan terimakasih kepada para orangtua yang telah mengarahkan anak-anaknya untuk masuk di Taman Pendidikan Al’Quran (TPA) dan hari ini moment bersejarah bagi anak-anak santri dan orang tua.

“Kedepan TK/TPA ini harus bersanding dengan sekolah normal, jadi wajib bagi siswa yang muslim untuk masuk ke TK/TPA terdekat. Hal ini agar anak-anak kita menjadi generasi qur’ani, taat beragama, menghormati orang yang lebih tua dan berakhlak mulia benar-benar tercapai” ujar Kasmidi.

Sebelumnya Pembina TPA TPQ BKPRMI Kutim Hj Tirah Satriani mengatakan mencetak generasi Qur’ani adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab BKPRMI atau ustadz/ustadzah, namun ada lima komponen dasar yang harus diketahui bersama.

Pembina TPA TPQ BKPRMI Kutim Hj Tirah Satriani.

“Komponen dasar untuk membangun generasi Qur’ani yaitu, pemerintah, BKPRMI, orang tua santri, ustadz/ustadzah dan santri,” kata Tirah Satriani.

Oleh karena itu dirinya mengatakan semua komponen ini harus bersinergi dan berkolaborasi agar di Kutim tercipta generasi qur’ani. Kepada orang tua santri Tirah berpesan agar anak-anak di fasilitasi sesuai kebutuhan dalam belajar Al’Quran.

“Kepada para santri jadilah yang terbaik, dan terus membaca Al’Quran, kepada para ustadz dan ustadzah terimakasih karena telah mendidik anak-anak dalam belajar membaca Al’Quran,” kata ia.

Ketua DPD BKPRMI Kutim Avandi.

Dikesempatan ini Ketua DPD BKPRMI Kutim Avandi menyampaikan kegiatan wisuda ini untuk memotivasi para santri, bukan berarti setelah wisuda tidak mengaji lagi akan tetapi jadikan wisuda ini sebagai motivasi untuk lebih giat lagi belajar Al’quran.

Selanjutnya disampaikan jumlah santri yang telah di wisuda di tahun 2022 ini berjumlah 2183 santri, termasuk 302 santri di Kecamatan Sangatta Utara yang di wisuda pada hari ini. “Dari 18 Kecamatan di Kutim, yang sudah melakukan wisuda santrinya sebanyak 10 Kecamatan, salah satunya Kecamatan Sangatta Utara ini,” tuturnya.

 

Acara ini juga dirangkai dengan pengumuman sekaligus pemberian hadiah kepada 10 santri terbaik dalam ujian Taslih dan Munaqosah yang dilaksanakan DPK BKPRMI Sangatta Utara pada 30 Oktober 2022 lalu. (G-S02)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Wujudkan Komitmen,Bupati Kutim Bangun Infrastruktur Jalan

13 November 2022 - 08:39 WITA

Tingkatkan Kompetensi SDM, Diskominfo Kutim Gelar Bimbingan Teknis Untuk Aparaturnya

12 November 2022 - 08:49 WITA

Ratusan Peserta Ikuti Penyuluhan Alishter KalTim- KalTara di Kaliorang

11 November 2022 - 08:42 WITA

Indominco Mandiri dan Kodim 0909/Kutai Timur, Kolaborasi Dalam Program Bedah Rumah

8 November 2022 - 23:24 WITA

Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik

16 Oktober 2022 - 19:07 WITA

Ubaldus Badu Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Kab. Kutai Timur

13 Oktober 2022 - 23:34 WITA

Trending di DPRD Kutim