Potensi Ekonomi Kreatif Sangatta, Dispar Kutim Gelar Pelatihan Barista

- Redaksi

Kamis, 10 Agustus 2023 - 17:08 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Kaltimterkini.com, Sangatta – Bermunculnya kafe-kafe di Sangatta, memberikan daya tarik tersendiri. Dinas Pariwisata Kutim meliriknya sebagai potensi pengembangan ekonomi kreatif. Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang penyajian kopi (barista), Dinas Pariwisata Kutim melakukan pelatihan bagi komunitas dan Pelaku Ekonomi Kreatif (Parekraf) di kota Sangatta dan sekitarnya.

Setidaknya ada 75 orang yang ikut pelatihan tersebut. Mulai dari komunitas pengusaha parekraf, pengusaha kopi hingga penggiat parekraf di Kutim.

“Kita ingin kedai kopi atau kafe-kafe di Sangatta bisa menjadi pertumbuhan ekonomi kreatif baru. Bahkan menjadi salah satu destinasi wisata di kota Sangatta,” kata Kepala Dinas Pariwsata Kutim Nurullah.

Pelatihan tersebut berlangsung tiga hari, sejak 7 hingga 9 Agustus di Hotel Royal Victoria, Sangatta. Dijelaskan, minum kopi sepertinya sudah menjadi gaya hidup. Termasuk di Sangatta, sudah banyak tumbuh kafe hingga warung (kedai) kopi yang menyajikan aneka rasa harumnya kopi nusantara lewat tangan dingin barista (penyaji/penyeduh kopi).

Baca Juga :   Darsafani Hadiri RAT Koperasi Konsumen Karyawan Makmur Sejahtera

Kegiatan ini menampilkan narasumber dari Dosen Politeknik Negeri Samarinda (POLNES) jurusan pariwisata, I Wayan Nalang Nala dan Sabalius Uhai dan satu narasumber tamu yang berkompeten di bidang perkopian yaitu Tauhid Hira.

Menurut Nurullah, dilaksanakannya pelatihan ini karena barista atau kopi saat ini menjadi tren yang sangat digandrungi, baik di kalangan anak muda maupun orang tua.

“Dan ini semua merupakan peluang bagi bagi pelaku parekraf khususnya sub sektor kuliner karena kopi ini masuk di bidang kuliner dari 17 sub sektor ekraf,” papar Nurullah.

Baca Juga :   BPBD Berpartisipasi Pada Pekan Raya Expo Kutim 2023 Sosialisasikan Pencegahan Dan Kesiapsiagaan Bencana Alam

Ia pun berharap untuk para peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan ini secara baik dan seksama, sehingga ketika pulang nanti dengan membawa hasil yang berguna bagi diri sendiri, Kutim, dan untuk para pelaku parekraf pada khususnya.

Nurullah menambahkan ini kesempatan baik juga jika barista dari Kutim bisa mendukung Kaltim sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam.

“Jadi profesi barista ke depan akan sangat menjanjikan, khususnya setelah penetapan Kaltim sebagai ibu kota baru Indonesia. Bagaimana pun Kutim sebagai penyangga IKN, kelak kebutuhan kuliner pasti akan meningkat, termasuk para penikmat kopi. Sebab itu, profesi barista sekarang dan nanti akan semakin menjanjikan,” tegasnya.

Baca Juga :   Dinas Pariwisata Kutim Berhasil Membekali 60 Peserta dengan Pelatihan Pemandu Wisata

Sementara itu, beberapa narasumber seperti I Wayan Nalang Nala membeberkan terkait bagaimana mengenal kompetensi barista dan memahami pelanggan. Dilanjutkan dengan Sabalius Uhai mengenalkan bagaimana teknik pengolahan kopi serta Tauhid Hira soal pengelolaan manajemen perkopian.

Dalam sesi pelatihan ini, peserta juga dilatih tentang meracik kopi lewat dua metode, ada yang dari mesin kopi hingga manual brewing. Untuk mesin kopi, peserta berlatih membuat cofee latte, espresso hingga cappucino. Sementara untuk manual brewing, menyeduh kopi dengan salah satu teknik kopi yaitu V60. (kt/Adv)

Berita Terkait

Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati
Berkah Ramadhan, Baznas Kutim Siap Bagikan 4000 Paket Sembako Untuk Mustahik
Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia
Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim
Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal
Pengukuhan Perempuan Indonesia Maju, Bupati Harap Perempuan Diberi Ruang Yang Adil
Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi
Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Berita Terkait

Senin, 17 Juni 2024 - 20:27 WITA

Kasmidi Bulang Qurban 34 Ekor Sapi di Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah

Rabu, 12 Juni 2024 - 22:01 WITA

DPRD Kutim Harapkan Masyarakat Kooperatif dalam Proses Penertiban Pasar Rantau Pulung

Rabu, 12 Juni 2024 - 20:56 WITA

DPRD Kutim Berharap Pelaku Asusila di Babat Habis Tanpa Pandang Bulu

Rabu, 12 Juni 2024 - 20:22 WITA

DPRD Kutim Harap Pemerintah Lebih Tegas Tertibkan Pedagang di Pasar Rantau Pulung

Rabu, 12 Juni 2024 - 15:17 WITA

Yan Sebut Kendala Pembangunan Terkait Serapan Anggaran Belum Maksimal

Senin, 10 Juni 2024 - 22:47 WITA

DPRD Kutai Timur Panggil Tiga Dinas Terkait Serapan APBD TA 2024

Selasa, 21 Mei 2024 - 06:13 WITA

Purna Tugas, Basti Fokus Ke Keluarga

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:13 WITA

Kasmidi Bulang Kembalikan Formulir Ke PDI Dan Inginkan Berjuang Bersama PDI

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!