Miliki Karakter Peduli Lingkungan, 5 Sekolah Dari Kutim Dapat Adiwiyata Nasional

- Redaksi

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:42 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Sangatta – Kutai Timur patut berbangga dengan pencapaian beberapa sekolah yang mendpatkan penghargaan dari pemerintah Indonesia. Penobatan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional berhasil di sabet oleh sekolah SMPN 2 Teluk Pandan, SD dan SMP Dharma Utama keduanya di Muara Wahau. SDN 006 dan SDN 010 Sangatta Utara

Berdasarkan hasil penilaian telah ditetapkan 417 Sekolah Adiwiyata Nasional dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.1061/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023, dan 134 Sekolah Adiwiyata Mandiri dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.1062/MENLHK/P2SDM/SDM.2/10/2023. Kabar gembiranya lima sekolah di Kutim sukses mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional.

Acara penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023 diselenggarakan pada tanggal 16 – 17 Oktober 2023 di Auditorium Dr Ir Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Kegiatan dirangkai dengan talkshow dengan tema “Peran Para Pihak dalam Mendukung Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah” pada hari Senin (16/10/2023).

Baca Juga :   Bupati Kutim Resmi Menutup Turnamen Bupati Cup 2023

Namun khusus penyerahan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Adiwiyata Nasional Tahun 2023 oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi berlangsung pada Selasa (17/10/2023) di tempat yang sama. Pameran dan Coaching Clinic Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup pada tanggal 16-17 Oktober 2023 di selasar gedung.

“Alhamdulillah lima sekolah kita (Kutim) berhasil dinobatkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional, Saya sangat bangga dengan pencapaian ini,” ujar Armin Nazar.

“Sebab program sekolah adiwiyata memiliki peran strategis dalam peningkatan kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dengan tujuan dan peran tersebut, kontribusi program Adiwiyata terhadap pembentukan karakter peduli lingkungan sangat mungkin terwujud. Program sekolah adiwiyata memiliki empat aspek dalam pelaksanaannya, yakni aspek kebijakan berwawasan lingkungan, aspek kurikulum sekolah berbasis lingkungan, aspek kegiatan berbasis partisipatif dan yang terakhir adalah aspek pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.” Lanjutnya.

Baca Juga :   Disdikbud Kutim Gelar Festival Lomba Seni dan Siswa Nasional (FLS2N) di tingkat SMP/Sederajat

“Aspek-aspek tersebut berperan dalam mengkondisikan lingkungan sekolah untuk membiasakan perilaku peduli lingkungan siswa dan warga sekolah lainnya. Pendidikan karakter peduli lingkungan hidup merupakan program pendidikan untuk membina anak didik agar memiliki pengertian, kesadaran, sikap, dan perilaku yang rasional serta bertanggungjawab terhadap alam dan terlaksananya pembangunan yang berkelanjutan,” ucap Kadis.

Sehingga peserta didik memiliki pengatahuan, sikap dan perilaku rasional dan bertanggungjawab terhadap masalah lingkungan hidup. pembangunan berkelanjutan. Tujuan program adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Maka dari itu, Dinas LH Kutim secara berkesinambungan akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan agar sekolah-sekolah di Kutim bisa mencapai penghargaan Adiwiyata.

Baca Juga :   Sebanyak 70 Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Hadiri Sosialisasi Politik Bagi Kaum Disabilitas Yang Di Adakan Pemkab Kutim

“Sekolah yang belum meraih penghargaan dibina agar bisa meraih predikat sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten, peraih Adiwiyata kabupaten kemudian bisa meraih Adiwiyata tingkat provinsi, setelah itu Adiwiyata tingkat nasional, selanjutnya Adiwiyata mandiri,” harap Armin di dampingi Kabid Penataan dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan DLH Kutim Nurrahmi Asmalia.

Armin berharap sekolah yang sudah dapat  redikat sekolah Adiwiyata ke depan bisa menularkan tips dan strateginya mencapai prestasi tersebut. Sehingga upaya mengakselerasi pencapaian prestasi dimaksud.(adm2)

Berita Terkait

Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati
Berkah Ramadhan, Baznas Kutim Siap Bagikan 4000 Paket Sembako Untuk Mustahik
Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia
Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim
Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal
Pengukuhan Perempuan Indonesia Maju, Bupati Harap Perempuan Diberi Ruang Yang Adil
Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi
Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Berita Terkait

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:13 WITA

Kasmidi Bulang Kembalikan Formulir Ke PDI Dan Inginkan Berjuang Bersama PDI

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:05 WITA

Leni Berikan Dukungan Penuh untuk UMKM OSAKA, Binaan PT Pamapersada Nusantara

Sabtu, 11 Mei 2024 - 22:07 WITA

Bupati Kutim Hadiri Halal Bilhalal KKSS Dan Ingatkan Pentingnya Menyambung Talisilaturahmi

Jumat, 10 Mei 2024 - 22:17 WITA

Kutim Terapkan Kebijakan Pajak Baru, Restoran dan Hotel Jadi Target Utama, Anjas Angkat Bicara

Kamis, 9 Mei 2024 - 07:43 WITA

A. Junaidi Dilantik Jadi Kepala Dinas PPKB Kutim, Namun Terus Berkomitment Lanjutkan Program Pembinaan PAUD

Rabu, 8 Mei 2024 - 19:26 WITA

Bupati Lantik Delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Dilingkungan Pemkab Kutim

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:33 WITA

Program Beasiswa Stimulan Disdikbud Kutai Timur Berikan Dorongan Positif bagi Pendidikan

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:32 WITA

Dinas Pendidikan Kutai Timur Integrasikan Bahasa Kutai dalam Kurikulum Sekolah Dasar

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!