Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur ยท 16 Nov 2022 WITA

Dinas Perkim Kutim Luncurkan Program BSPS, 450 Rumah dari 10 Kecamatan Direhab


 Dinas Perkim Kutim Luncurkan Program BSPS, 450 Rumah dari 10 Kecamatan Direhab Perbesar

Kutai Timur – Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Ahmad Lip Makruf melalui Sekretaris Yuliansyah sebut 450 rumah akan di rehab.

Dari keseluruhan jumlah rumah yang ada berada di 10 kecamatan berbeda. Ini merupakan program sejuta rumah sebagai bantuan dari pemerintah.

Dikhususkan untuk masyarakat dengan penghasilan rendah atau biasa disebut program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Program sejuta rumah ini merupakan gerakan percepatan dan kolaborasi antara pemerintah dengan para pelaku pembangunan perumahan dan penyediaan hunian yang layak bagi masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Menurut Yuliansyah program ini untuk mendorong dan meningkatkan ke swadayaan serta meningkatkan kualitas rumah beserta sarana dan prasarana juga utilitias umumnya.

“Dan kunci keberhasilan realisasi program sejuta rumah tersebut adalah sinergitas para pelaku yang terlibat, tidak terkecuali dukungan dari pemerintah kabupaten/kota dalam hal penyederhanaan perizinan dan fasilitas penyediaan lahan,” jelasnya.

Diketahui, pembangunan rumah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik adalah yang dialokasikan dalam APBN kepada daerah tertentu.

Dengan tujuan membantu mendanai kegiatan khusus di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat yang merupakan urusan daerah sesuai dengan prioritas daerah.

Penerimaan bantuan DAK BSPS Bidang Perumahan Kutim tersebar di 10 kecamatan. Dengan rincian adalah Muara wahau 25 unit, Kongbeng 25 unit, Kaubun 55 unit, Sangkulirang 30 unit, Rantau Pulung 17 unit, Bengalon 23 unit, Kaliorang 50 unit, Sangatta Selatan 73 unit, Sangatta Utara 138 unit dan Teluk Pandan 45 unit.

“Nah program ini kan rumah layar huni, termasuk program dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kalau rumahnya rusak diperbaiki,” jelasnya.(*Nur)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur