Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur ยท 18 Nov 2022 WITA

Zainal Abidin Berharap Perhatian Terhadap Budaya Lebih Ditingkatkan Lagi


 Foto : Istimewa Perbesar

Foto : Istimewa

Kutai Timur – Kabid Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Disbud Kutim, Zainal Abidin meyakini jika dari 18 kecamatan yang ada bukan tidak mungkin ada lebih banyak lagi peninggalan dan cagar yang belum di temukan.

Menurutnya, baik itu proses pencarian, pendataan, pelestarian dan perawatan tergantung pada kecintaan dari pemerintah daerah itu sendiri.

“Tergantung mereka bagaimana mencintai budayanya sendiri. Kalau kita usulkan ke pemerintah tapi ekskutif tidak menyetujui ya sama saja bohong,” ucapnya.

Zainal menilai, bagaimanapun pihaknya mengusulkan beberapa program termasuk anggaran perawatan, pendataan dan pelestarian, semuanya masih bergantung pada legislatif yang menyetujui atau tidak.

Padahal, masih banyak anak-anak asli Kutim yang belum mengenali budaya, dan hanya mengetahui peninggalan sejarah berdasarkan buku saja.

“Sementara kalau kita punya fisiknya pasti lebih bagus lagi, jadi mereka bisa melihat kalau ini fakta, bukan hanya cerita rakyat belaka,” ungkapnya.

Diketahui, beberapa sekolah juga telah melakukan kunjungan dalam pelajaran sejarah ke galeri milik Disbud Kutim yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Sangatta Utara.

Inilah yang diinginkan oleh Disbud Kutim, selain untuk pariwisata juga untuk pendidikan dan ilmu pengetahuan bagi anak-anak khususnya di Kutim yang akan membantu melestarikan budaya. (Nur)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur