Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 22 Nov 2022 WITA

Cegah Karhutla, BPBD Kutim Rutin Cek Lokasi


 Cegah Karhutla, BPBD Kutim Rutin Cek Lokasi Perbesar

Kutai Timur – Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, Naim, mengungkapkan, kesiapan BPBD dalam menangani kejadian Karhutla sekitar 50-80 persen. Biasanya, ketika kondisi di Kabupaten Kutim sedang tidak hujan maka ia sering melakukan pengecekan ke sejumlah hutan dan lahan yang berpotensi terjadi Karhutla.

“Misalnya kalau tidak terjadi hujan, kami setiap hari bisa langsung turun ke sejumlah lokasi untuk melihat kondisi disana. Tapi kalau sempat turun hujan, biasanya dua hari sekali,” ungkapnya.

Menurut Naim, ketika pihaknya tidak melakukan pengecekan dilapangan, biasanya masing-masing Kecamatan melaporkan kondisi terkini di hutan atau lahan yang berpotensi terjadi kebakaran. Jika ditemukan hal yang mengkhawatirkan, pihaknya juga akan langsung terjun ke lokasi tersebut.

“Kita juga secara berkala mengecek lokasi yang berpotensi terjadi kebakaran. Termasuk dari pihak Kecamatan juga terus melaporkan kondisi terkini kepada kami,” kata dia.

Naim juga menegaskan, untuk menghindari peristiwa gagal tanggap darurat, pihaknya secara rutin melakukan koordinasi dengan elemen terkait. Artinya, dalam penanganan kejadian kebakaran yang melibatkan banyak organisasi masyarakat harus dilakukan satu komando yakni dibawah kebijakan BPBP Kabupaten Kutai Timur.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur