Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 22 Nov 2022 WITA

Antisipasi Karhutla, BPBD Kutim Akan Gelar Apel Siaga


 Antisipasi Karhutla, BPBD Kutim Akan Gelar Apel Siaga Perbesar

Kutai Timur – Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan di kabupaten Kutai Timur, BPBD akan Gelar Apel Pasukan dan Peralatan dalam rangka menghadapi Karhutla, yang akan digelar di Lapangan Heliped Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Kamis, 24 November 2022.

Kepala Bidang Kedaruratan Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur, Naim, mengatakan, tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran hutan atau lahan di Kabupaten Kutim.

“Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang selama ini sering terlibat dalam upaya pemadaman api saat terjadi kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Lebih lanjut, pada kegiatan apel siaga Karhutla ada 50-80 orang yang terlibat, terdiri dari TNI/Polri, perwakilan Ormas, Orari, Tagana dan sejumlah elemen masyarakat yang lainnya. Kegiatan apel siaga Karhutla ini dipimpin oleh Bupati Kutai Timur, dalam kesempatan tersebut juga disampaikan kepada masyarakat agar tidak sampai melakukan tindakan membakar hutan dan lahan.

Jika memang terpaksa harus melakukan pembakaran hutan dan lahan, maka harus mengacu dengan mekanisme yang ada. Apabila seseorang dengan sengaja membakar hutan dan lahan tanpa menerapkan mekanisme, maka akan membahayakan dan mengakibatkan kebakaran menjadi meluas.

“Ada 50-80 personel yang terlibat dalam kegiatan ini, seperti dari TNI/Polri, Ormas, Tagana dan sejumlah elemen atau kelompok masyarakat terkait,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, selama tahun 2022 ini kejadian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kutai Timur berangsur angsur sudah menurun. (Adv)

 

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur