Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 26 Nov 2022 WITA

Pemkab Proyeksikan APBD Kutim Tembus Rp5 Triliun di 2023


 Pemkab Proyeksikan APBD Kutim Tembus Rp5 Triliun di 2023 Perbesar

Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), memproyeksikan jika Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim 2023 kemungkinan bisa tembus di angka Rp5 triliun. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kasmidi Bulang beberapa waktu yang lalu.

“Sekedar informasi kepada kita semua, Alhamdulillah APBD kita ini ada beberapa anggaran yang kemarin kita belum catat dalam bentuk kegiatan dan inshaAllah akan ditransfer hingga akhir tahun dan akan menjadi silpa dan luar biasa besarnya kemungkinan tembus di angka Rp4 triliun di APBD kita 2022 bahkan bisa lebih dan di 2023 bisa tembus di angka Rp5 triliun,” ucap pria yang akrab disapa KB itu.

Terlebih di tahun 2023 mendatang juga terdapat penambahan anggaran dari sektor perkebunan kelapa sawit yang selama ini belum pernah di dapatkan pemerintah daerah.

“Cuman tahun depan baru di mulai Alhamdulillah apalagi Kutim memiliki perkebunan kelapa sawit terluas di Kalimantan Timur (Kaltim) dan itu ada pajak yang harus dibayar oleh sejumlah perusahaan perkebunan dan itu dikembalikan ke daerah,” jelasnya.

KB menyebutkan, sama halnya dengan sektor pertambangan batubara yang selama ini menjadi sektor andalan pendapatan pemerintah daerah terutama dalam hal, Dana Bagi Hasil (DBH).

“InshaAllah APBD kita di 2023 bisa tembus Rp5 triliun, karena di 2023 kita juga akan mendapatkan support dari sisi sektor perkebunan kelapa sawit yang memang sudah ada aturannya dan kita ketahui bersama kutim memiliki kebun terluas di Kaltim,” Tuturnya

Sementara terkait berapa besaran DBH yang akan diperoleh pemerintah dari sektor perkebunan kelapa sawit, KB mengaku jika pihaknya belum mendapatkan informasi terkait berapa besaran yang akan diperoleh Pemkab Kutim.

“Yang pasti sudah ada aturan itu, dengan adanya aturan itu, kita sudah senangnya luar biasa, yang pasti kita pasti dapat apalagi di kaltim kita yang paling terluas dan se-Indonesia kita di posisi 3 besar atau 5 besar.” Tutupnya (Adv/Nur)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur