Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 2 Des 2022 WITA

Bupati Kutim Instruksikan Perbaikan Data Penerima Bansos


 Bupati Kutim Instruksikan Perbaikan Data Penerima Bansos Perbesar

Kutai Timur – Dalam rangka peningkatan efektivitas penyaluran bantuan, pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas Sosial melaksanakan perbaikan data salur penerimaan bantuan sosial.

Bupati Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menginstruksikan setiap desa untuk memperbaiki angka kemiskinan di daerahnya.

Instruksi ini karena, akan mempengaruhi jumlah penerima bansos baik dari Dinas Sosial (Dinsos) Kutim atau Kementrian Sosial (Kemensos).

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinsos Jamiatulkhair melalui Kabag Pemberdayaan Sosial Budi Mulia juga membenarkan hal serupa.

“Melalui aplikasi SIKS-NG, itu akan diimput, baik ada yang meninggal atau yang sudah mapan misal, atau yang baru,” ucapnya.

Juga yang kemungkinan pindah-pindah, atau dari satu kecamatan pindah ke kecamatan yang lainnya untuk bertahan hidup.

Dalam pengkategorian penerimaan bantuan terbagi menjadi 3, yakni penerima bantuan dari BPS, penerima bantuan teregister dan tidak teregister.

Penerima bantuan teregister yang memiliki data lengkap, mulai dari alamat, nomor NIK yang sesuai, warga asli Kutim dan terdaftar.

“Sedangkan yang tidak teregister melingkupi yang tidak memiliki data diri lengkap, NIK yang tidak sesuai, terlantar dan penghuni lapas,” paparnya.

Pendataan sendiri akan melalui Musyawarah Desa (musdes) yang diselenggarakan paling sedikit 6 bulan sekali.

Dari 73 desa sudah ada 33 desa yang mengimput. Perlahan desa yang ada di Kutim sudah mulai perduli dengan pendataan penerima bantuan tersebut. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur