Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 3 Des 2022 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme


 Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme Perbesar

Kutai Timur – Kesadaran masyarakat untuk menjaga situs cagar budaya tampaknya masih rendah. Karena masih saja ditemukan perilaku  Vandalisme ditempat wisata.

Salah satunya yang terjadi di Goa Kongbeng Desa Kongbeng Indah, Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim. Didinding goa terdapat coretan tangan jahil. Padahal goa itu memiliki perjalanan sejarah yang sangat panjang dari ribuan tahun silam.

Bahkan dari dalam Goa Kongbeng dulu pernah ditemukan arca Hindu, 7 prasasti yupa disimpan di Museum Nasional Jakarta dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya peringkat nasional.

“Kami sangat menyayangkan sekali itu terjadi apa yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab terhadap benda cagar Budaya Nasional. Perlu disiapkan kanvas khusus atau sejenisx untuk menyalurkan bakat mereka ini (efek kecewa, kesal),” tegas Akhmad Rifanie saat di konfirmasi.

Sambung Rifanie, vandalisme ditempat manapun adalah perbuatan yang buruk dan tidak boleh ditiru. Apalagi Goa Kongbeng salah satu objek wisata sejarah yang banyak dikunjungi wisatawan dihari-hari besar keagamaan. Terutama bagi umat Hindu yang Ada disekitar Muara Wahau dan Kongbeng.
Ini patut dijaga dan dilestarikan.

“Perlu dibuatkan rambu peringatan dan larangan perusakan benda cagar budaya di kawasan Goa Kongbeng ini agar hal serupa tidak kembali terjadi,” tutupnya.(Adv/UD)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Jadikan Festival Sekerat Nusantara Sebagai Agenda Tahunan

3 Desember 2022 - 11:56 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur