Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 29 Nov 2022 WITA

Permudah Layanan Adminduk, Disdukcapil Luncurkan Aplikasi Berbasis Website


 Permudah Layanan Adminduk, Disdukcapil Luncurkan Aplikasi Berbasis Website Perbesar

Kutai Timur – Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur  beberapa waktu lalu meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Kependudukan yang berbasis website melalui alamat website https://dukcapil.kutaitimurkab.go.id.

Kepala Disdukcapil Kutim melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Syarif Muhammad menyebut layanan tersebut merupakan bagian terobosan yang dilaksanakan instansinya untuk mempercepat dalam memberikan layanan kepada masyarakat, khususnya terkait administrasi kependudukan.

“Baru minggu ini lalu kami rilis, aplikasi berbasis web ini adalah pengganti layanan sebelumnya yang masih banyak kekurangan,” ucapnya.

Dengan adanya layanan berbasis web ini, akan lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan berbagai keperluan terkait administrasi kependudukan yang bisa dilakukan secara mandiri, tanpa perlu datang ke kantor disdukcapil.

“Kecuali cetak e-KTP, memang masih perlu datang ke kantor kami (Disdukcapil) atau kecamatan, namun untuk kartu keluarga, akte kelahiran dan akta kematian, masyarakat bisa langsung mengurus melalui web tersebut,” terangnya.

Namun, untuk layanan akte perkawinan dan perceraian, masyarakat masih harus datang ke kantor disdukcapil. Sebab masih ada beberapa persyaratan dan pengesahannya masih dilakukan secara manual, namun untuk pengajuan dan pendaftaran sudah bisa dilakukan melalui web. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur