Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 28 Nov 2022 WITA

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Kutim Siapkan 5 Program


 Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Kutim Siapkan 5 Program Perbesar

Kutai Timur – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah menyiapkan lima program utama yang dijalankan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kutai Timur, Jumeah, saat ditemui wartawan media ini pada beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Jumeah, Lima program yang digagasnya yaitu pertama terkait peningkatan pelayanan jam kerja kepada masyarakat.

“Mengapa kinerja menjadi fokus utama yang dilakukan, sebab pelayanan prima akan menciptakan kenyamanan bagi masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan. Apalagi Disdukcapil merupakan leading sektor pelayanan adminduk,” ujarnya.

Kedua, jelasnya, adalah pelayanan jam kerja yang tepat waktu. Jadi, para pegawai tak dibenarkan mengulur waktu kerja. Wajib sesuai jadwal kerja, masuk hingga pulang kerja.

Selanjutnya yang ketiga adalah apel di lingkup instansi. Apel pagi sejatinya adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh seluruh pegawai pemerintahan. Dimulai sejak pukul 07.30 WITA. Apel pagi tentunya juga mendukung perilaku disiplin setiap pegawai.

Keempat, memperbanyak rapat evaluasi untuk pegawai. membahas masalah pelayanan kepada masyarakat. Sehingga saat menghadapi kendala pelayanan, kendala dimaksud dapat segera diatasi dengan solusi yang baik.

Sedangkan yang kelima menjadi paling penting adalah program “jemput bola” pelayanan dukcapil ke setiap kecamatan. Jemput bola merupakan salah satu cara memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Jumeah kembali menegaskan bahwa pelayanan administrasi dukcapil wajib diutamakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Disdukcapil. Meski demikian, dia menyadari hingga kini masih banyak lagi program-program yang mesti dibenahi oleh pihaknya untuk kepentingan masyarakat.

“Jemput bola ini sekaligus mempermudah masyarakat yang jauh dari ibu kota kabupaten. Untuk layanan dimaksud, jajaran Disdukcapil kerap turun ke lapangan ke kecamatan-kecamatan untuk memberikan pelayanan,” ucapnya. (Adv)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur