Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 28 Nov 2022 WITA

Sekarang, Urus Adminduk di Kutim Makin Mudah dan Gratis


 Sekarang, Urus Adminduk di Kutim Makin Mudah dan Gratis Perbesar

Kutai Timur – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kutai Timur (Disdukcapil Kutim) terus melaksanakan pelayanan gratis kepada masyarakat sejak beberapa tahun lalu. Dipimpin Disdukcapil baru yakni Jumeah, pelayanan gratis untuk segala bentuk layanan administrasi kependudukan tetap dilakukan demi mempermudah urusan kependudukan masyarakat.

Bahkan Jumeah dengan tegas menyatakan apabila ada oknum yang meminta tarif atau biaya terkait jasa pelayanan maupun pembuatan administrasi kependudukan untuk dilaporkan kepadanya.

“Kami (Disdukcapil) menjamin pelayanan gratis (adminduk) itu. Seperti membuat KTP-el maupun administrasi lainnya di Disdukcapil. Semua gratis, tak dipungut (biaya) sepeserpun,” tegas Jumeah di ruang kerjanya belum lama ini.

Karena pelayanan Adminduk Capil kini semakin cepat dan mudah, Jumeah menghimbau agar masyarakat bisa mengurus sendiri kebutuhan Adminduk Capil.

“Karena tak sulit, dia melarang warga mengurus melalui jasa calo. Sebab jika melalui perantara, apabila terjadi kesalahan administrasi dan lainnya, Disduk Capil tak bisa bertanggung jawab. Silahkan buat sendiri, urus sendiri, semua gratis. Tak ada pungutan sepeserpun. Jadi kami ingatkan jangan lewat calo,” tegasnya.

Dalam membuat KTP-el secara gratis bisa dilakukan dengan cara mengurus secara langsung ke Kantor Disdukcapil di Komplek Pusat Perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi.

Bisa juga melalui pemerintah kecamatan setempat. Cara lain dapat pula langsung ke petugas Disduk Capil saat melaksanakan jemput bola di lapangan.

Apabila ditemukan laporan ada oknum melakukan praktik calo atau lainnya yang menyalahi aturan, Jumeah mengaku tak segan untuk melakukan penyidikan.  (Adv)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur