Menu

Mode Gelap
Pengurus BKMM-DMI Kota Balikpapan Dilantik Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK

Kominfo Kutai Timur · 29 Nov 2022 WITA

DPU Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi


 Foto Adi Sagaria - Liputankutim.co Perbesar

Foto Adi Sagaria - Liputankutim.co

Kutai Timur – Dinas Pekerjaan Umum Kutai Timur menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi, bagi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung (PLG) dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (PLJ) Jenjang 3 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim).

Untuk kegiatan ini Dinas Pekerjaan Umum Kutai Timur bekerjasama dengan Pusat pembinaan Pelatihan Sertifikasi Mandir ( P3SM) Kalimantan Timur sebagai narasumber dibuka Kepala Bidang Bina Marga Asran Lode,ST.,MM

Kepala DPU Kutim Muhir ditemui usai mendampingi Bupati Kutim menjelaskan kegiatan dimaksud merupakan pelatihan bagi tenaga terampil dan tenaga ahli bidang ke-PU-an. Pelatihan ini bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Pelatihan Sertifikasi Mandir (P3SM) Kaltim. Dari pelatihan ini dia berharap pengawas di lapangan akan semakin lebih baik dalam melakukan setiap kegiatan.

“Karena setelah (pelatihan) ini mereka mendapatkan sertifikat. Karena sertifikat itu sangat disyaratkan dalam pekerjaan konstruksi. Misalnya lelang, ahli batu, ahli beton dan lainnya,” ujar Muhir pada Senin 28/11/2022.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Bina Marga PU Kutim Asran Lode menjelaskan pembangunan infrastruktur selalu menjadi prioritas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bergerak di bidang PU dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dikatakan Asran Lode, membangun Infrastruktur yang berkualitas, smart dan ramah lingkungan membutuhkan tenaga kerja konstruksi yang andal.

“Sertifikasi dibutuhkan demi meningkatkan kemampuan tenaga kerja konstruksi di Kutim dalam menghadapi persaingan yang sangat ketat dengan daerah lain. Maupun tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Maka diselenggarakanlah Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi dan Pelatihan Sertifikasi Kompetensi.

Ketua Penyelenggara Acara, Rudy Ramadhan mengatakan, pelatihan dan Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (PLJ) dan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung (PLG) berlangsung di Sangatta serta diikuti 100 peserta.

Kegiatan digelar selama tiga hari 28 sampai 30 November 2022. Dengan narasumber Kepala Perwakilan P3SM Kaltim Rusdi Doviyanto, Viva Octaviani serta Suharto. (adv)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Kutim Galang Donasi Untuk Gempa Cianjur

6 Desember 2022 - 19:34 WITA

Pilkades Serentak di Kutim Berjalan Aman dan Kondusif

5 Desember 2022 - 10:36 WITA

Jalan AMD Sangatta Selatan Telah di Semen

4 Desember 2022 - 16:56 WITA

DPU Kutim Mulai Perbaiki Jalan di Rantau Pulung

4 Desember 2022 - 16:47 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Pemberian Bantuan Inflasi Dampak Naiknya BBM

4 Desember 2022 - 12:56 WITA

Dispar Kutim Akan Buat Rambu Peringatan Untuk Cegah Vandalisme

3 Desember 2022 - 12:15 WITA

Trending di Kominfo Kutai Timur