Ardiansyah Sulaiman Hadiri Acara Sosialisasi Implementasi Layanan “Cap Jempol” di Ponpes Ibnu Katsir

- Redaksi

Minggu, 13 Agustus 2023 - 12:13 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Kaltimterkini.com, Sangatta – Dalam rangka meningkatkan pelayanan Pendidikan Non Formal (PNF) di Pondok Pesantren (Ponpes) Ibnu Katsir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Timur telah mengadakan sosialisasi lanjutan mengenai implementasi layanan “Cap Jempol” (Cara Pelayanan Jemput Bola). Acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bupati Kutim, Ardiansyah Sulaiman, dan dilangsungkan di Masjid Al-Abror Ponpes Ibnu Katsir Kanal 3 Jalan Sawitto Pinrang Gang Rahmat, Sangatta Utara, pada hari Sabtu (12/8/2023) siang.

Beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) mengenai Proses Pembelajaran Kesetaraan antara Kepala SPNF SKB dengan Pimpinan Ponpes Ibnu Katsir, pemasangan rompi dan pengenal bagi petugas pendataan warga belajar Paket A, B, dan C oleh tim Cap Jempol. Selain itu, media pembelajaran diserahkan kepada Pokjar Ponpes Ibnu Katsir, dan Bupati Ardiansyah memberikan penghargaan kepada Ponpes Ibnu Katsir dengan menandatangani sertifikat penghargaan.

Baca Juga :   Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Asal Kutim Tampil Gemilang di FLS2N - PDBK Kaltim

Pada kesempatan tersebut, Bupati Ardiansyah menjelaskan bahwa ilmu merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, sehingga diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan. Aturan tersebut mewajibkan seluruh anak bangsa Indonesia untuk menuntut ilmu. “Ilmu dan amal adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan dan menjadi kemuliaan bagi manusia,” ujar Ardiansyah di hadapan para staf ahli Bupati Sulastin, Kepala Dinas Dukcapil Jumeah, Kepala Kemenag Kutim Mulyadi, Kepala Dinas LH Kutim Harmin, Kepala Bidang (Kabid) PLS Disdikbud Kutim Achmad Junaidi, Kepala SPNF SKB Tasmawati, dan seluruh pengajar dan santri Ponpes Ibnu Katsir.

Baca Juga :   Pertahankan Kearifan Lokal, Disdikbud Kutim Menerapkan Bahasa Kutai dalam Pelajaran Muatan Lokal

Selanjutnya, Bupati Ardiansyah mengapresiasi program Cap Jempol yang diselenggarakan oleh Disdikbud. Program ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan pengakuan negara melalui sertifikat (Ijazah). “Cap Jempol memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin memperoleh pendidikan, mulai dari Paket A, B, dan C,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan SNF Kutim, Achmad Junaidi, yang mewakili Kadisdikbud Kutim, menjelaskan bahwa program Cap Jempol bertujuan untuk memperkenalkan program pendidikan non formal dan lembaga non formal secara luas, serta menyelesaikan wajib belajar 12 tahun di Kabupaten Kutai Timur. “Layanan Cap Jempol dilakukan melalui empat langkah, yaitu pendataan dan pendaftaran warga belajar oleh tim Cap Jempol, proses belajar mengajar dihadiri oleh pamong dan tutor, proses ujian dihadiri oleh pamong dan tutor di tempat ujian, dan pengambilan sidik jari serta penyerahan ijazah,” jelasnya.

Baca Juga :   UPT Berganti Nama Menjadi Korwil, Disdikbud Gelar Rekonsiliasi Kesekretariatan

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Ibnu Katsir, Ustaz Abu Abdillah Sukri, menyatakan bahwa Ponpes Ibnu Katsir telah berdiri sejak tahun 2011. Saat ini, jumlah santri sebanyak 229 anak, dengan staf pengajar dan maahad sebanyak 54 orang. Ponpes ini terdiri dari empat jenjang pendidikan, yaitu Raudhatul Athfal (setara TK), Marhalah Tahfidzul Asasiyyah (setara SD), Marhalah Tahfidzul Mutawassithah (setara SMP), dan Marhalah Takkassus Lugha (setara SMA). Materi yang diajarkan berasal dari kitab-kitab para ulama dan tafsir Ibnu Katsir. (Adv)

Berita Terkait

Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati
Berkah Ramadhan, Baznas Kutim Siap Bagikan 4000 Paket Sembako Untuk Mustahik
Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia
Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim
Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal
Pengukuhan Perempuan Indonesia Maju, Bupati Harap Perempuan Diberi Ruang Yang Adil
Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi
Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Berita Terkait

Kamis, 2 Mei 2024 - 16:10 WITA

Seleksi Babinsa Award Tingkat Provinsi, Serda Sno Saputra Bintang Dipastikan Mendapat Nilai Tinggi

Kamis, 2 Mei 2024 - 14:05 WITA

DPPKB Kutim dan Danramil 0909-01 Sangatta Dukung Babinsa Sangatta Utara Menangkan Babinsa Award

Rabu, 1 Mei 2024 - 18:06 WITA

Gebrak, Serikat Buruh Kutim Gelar Aksi Demo Di Kantor Sekretariat DPRD Kutim

Selasa, 30 April 2024 - 18:27 WITA

Siswa Berprestasi SMK 1 Kutim Dapat Tambahan Beasiswa Dari Wakil Bupati

Minggu, 28 April 2024 - 16:19 WITA

Wabup Kutim Buka Gelaran Festival Panen Hasil Belajar Lokakarya Ke 7 Kutai Timur

Minggu, 28 April 2024 - 13:36 WITA

Guru Honorer Tanyakan Status Mereka Di Hadapan Wabup Kutim Kasmidi Bulang

Sabtu, 27 April 2024 - 18:59 WITA

Bupati Kutim Buka Kegiatan Musda Ke- V Kerukunan Keluarga Pinrang

Jumat, 26 April 2024 - 18:11 WITA

Lantik 1017 PPPK, Ardiansyah Ingatkan Soal Kinerja Pegawai

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!