Melangkah Menuju Kesehatan Unggul dengan Program CERDIK: Masyarakat Diimbau Adopsi Gaya Hidup Sehat

- Redaksi

Jumat, 19 Mei 2023 - 14:28 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Sangatta – Program CERDIK, sebagai implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan pola dan gaya hidup sehat dalam masyarakat. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Namun, terdapat sebagian masyarakat yang masih belum sepenuhnya memahami dan menyadari pentingnya menjaga pola hidup sehat sebagai investasi untuk kesehatan di masa tua.

Bahrani Hasanal, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur menduduki peringkat teratas dalam jumlah kasus penyakit diabetes mellitus (kencing manis). Masalah ini berasal dari kebiasaan masyarakat yang berlebihan dalam mengonsumsi makanan manis tanpa memahami konsekuensinya.

Dalam upaya untuk mengatasi situasi ini, Dinkes Kutai Timur telah mengembangkan program CERDIK sebagai panduan yang disosialisasikan kepada masyarakat guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Baca Juga :   FKUB Deklarasikan Pemilu Damai, Bupati Kutim Harapkan Tokoh Agama Dapat Merangkul Masyarakat

Program inovatif ini memiliki komponen-komponen utama yang dirancang untuk membimbing individu dalam mengambil langkah-langkah menuju kesehatan yang lebih baik.

Cek Kesehatan Secara Berkala (C)

Komponen pertama dari Program CERDIK adalah “Cek Kesehatan Secara Berkala.” Langkah ini didesain untuk membantu masyarakat mendeteksi dini potensi penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Dengan menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin, individu dapat mengidentifikasi gejala awal penyakit dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat waktu.

Enyahkan Asap Rokok (E)

Menyadari dampak negatif merokok terhadap kesehatan, Program CERDIK mendorong masyarakat untuk menghindari atau berhenti merokok. Asap rokok tidak hanya berdampak buruk pada perokok itu sendiri, tetapi juga merugikan lingkungan sekitarnya. Langkah ini mendukung terciptanya lingkungan yang lebih sehat dan bebas dari paparan asap rokok.

Baca Juga :   Dinas BKKBN Hadirkan Bidan Murni di Stand Pekan Raya Expo 2023 Kutai Timur

Rajin Olahraga (R)

Olahraga adalah bagian integral dari kesehatan. Program CERDIK menganjurkan setiap individu untuk melakukan olahraga secara rutin, minimal 30 menit setiap hari, 3-5 kali seminggu. Olahraga tidak hanya membantu menjaga kesehatan fisik, tetapi juga mencegah masalah kardiovaskular dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Diet Seimbang (D)

Keseimbangan antara aktivitas fisik dan pola makan yang sehat adalah kunci utama dalam Program CERDIK. Masyarakat dihimbau untuk mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup berbagai nutrisi penting, serta memastikan asupan minimal 5 porsi buah dan sayur setiap hari. Langkah ini mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Istirahat yang Cukup (I)

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting bagi pemulihan tubuh dan kesehatan yang optimal. Program CERDIK menekankan pentingnya tidur selama 7-8 jam setiap hari. Dengan tidur yang cukup, individu dapat mengembalikan energi, meningkatkan konsentrasi, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga :   Kasmidi Ajak Anak Muda Kutim Menjaga Kesehatan dengan Olahraga Rutin

Kelola Stres (K)

Pentingnya mengelola stres dalam menjaga kesehatan tidak bisa diabaikan. Program CERDIK mengajak masyarakat untuk mengurangi stres melalui berbagai cara, seperti berlibur, relaksasi, berpikir positif, dan menjalin hubungan sosial yang positif. Langkah-langkah ini membantu mengurangi dampak negatif stres pada kesehatan fisik dan mental.

Program CERDIK menjadi langkah proaktif dalam mendorong perubahan gaya hidup menuju pola hidup yang lebih sehat dan lebih baik. Dengan mengintegrasikan komponen-komponen tersebut dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat diharapkan dapat mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. (Adv)

 

Berita Terkait

Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati
Berkah Ramadhan, Baznas Kutim Siap Bagikan 4000 Paket Sembako Untuk Mustahik
Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia
Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim
Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal
Pengukuhan Perempuan Indonesia Maju, Bupati Harap Perempuan Diberi Ruang Yang Adil
Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi
Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Berita Terkait

Rabu, 15 Mei 2024 - 22:13 WITA

Kasmidi Bulang Kembalikan Formulir Ke PDI Dan Inginkan Berjuang Bersama PDI

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:05 WITA

Leni Berikan Dukungan Penuh untuk UMKM OSAKA, Binaan PT Pamapersada Nusantara

Sabtu, 11 Mei 2024 - 22:07 WITA

Bupati Kutim Hadiri Halal Bilhalal KKSS Dan Ingatkan Pentingnya Menyambung Talisilaturahmi

Jumat, 10 Mei 2024 - 22:17 WITA

Kutim Terapkan Kebijakan Pajak Baru, Restoran dan Hotel Jadi Target Utama, Anjas Angkat Bicara

Kamis, 9 Mei 2024 - 07:43 WITA

A. Junaidi Dilantik Jadi Kepala Dinas PPKB Kutim, Namun Terus Berkomitment Lanjutkan Program Pembinaan PAUD

Rabu, 8 Mei 2024 - 19:26 WITA

Bupati Lantik Delapan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Dilingkungan Pemkab Kutim

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:33 WITA

Program Beasiswa Stimulan Disdikbud Kutai Timur Berikan Dorongan Positif bagi Pendidikan

Selasa, 7 Mei 2024 - 19:32 WITA

Dinas Pendidikan Kutai Timur Integrasikan Bahasa Kutai dalam Kurikulum Sekolah Dasar

Berita Terbaru

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!