Pemkab Kutim Gelar Sosialisai Serta Pembentukan Panitia Jelang Pikades Serentak

- Redaksi

Senin, 27 Juni 2022 - 22:11 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Kaltimterkini.com, KUTAI TIMUR – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur sedang bersiap untuk kembali menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 77 Desa di 17 Kecamatan yang ada, sebagai tahap awal, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) selaku pelaksana kegiatan menggelar sosialisasi sekaligus pembentukan panitia Pilkades serentak yang di buka oleh Wakil Bupati, H Kasmidi Bulang, dan turut di hadiri Ketua DPRD Kab.Kutai Timur, Joni, S.Sos di ruang Damar, Gedung Serba Guna(GSG) Bukit Pelangi, Sangatta, Senin(27/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Wabup membacakan sambutan Bupati H Ardiansyah Sulaiman yang berhalang hadir, menjelaskan, Pemilihan Kepala Desa adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih Kepala Desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pilkades merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat. Pemilu tingkat desa ini merupakan ajang kompetisi politik yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran politik bagi masyarakat. Hal ini merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.

Baca Juga :   Hadiah Ratusan Juta Di Turnamen Volly PBVSI Kutim Cup II Open 2021

“Sebab masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa sesuai kebutuhan masyarakat”, ujarnya di hadapan Ketua DPRD Joni, S.Sos, Sekretaris Daerah Rizali Hadi, Kepala Dinas DPMDes sekaligus Plt asisten 3 Yuriansyah serta undangan yang hadir.

Kemudian, Kades sebagai pimpinan penyelenggaraan pemerintahan desa diharapkan menjadi figur yang peka terhadap segala sesuatu yang terjadi dimasyarakat untuk mewujudkan tatanan kehidupan yang adil makmur sejahtera lahir dan batin.

Selanjutnya, Tahun ini sebanyak 77 desa di Kutim akan menggelar Pilkades serentak. Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, saya minta seluruh panitia dapat melaksnakan tugas dengan baik, dengan memperhatikan, pertama, Komunikasi secara intensif dengan lembaga desa serta berbagai komponen masyarakat lainnya untuk bersama sama menyukseskan kegiatan pemilihan kepala desa. Kemudian, mampu bersikap professional.

Baca Juga :   Dinsos Kutim akan Gelar Sosialisai NAPZA

“Dalam arti panitia harus terlepas dari segala kepentingan dan ikatan emosional dengan para calon.” Ujarnya.

Pesan selanjutnya adalah, bersikap adil, dalam arti memberikan pelayanan yang sama kepada setiap calon dan pemilih. Di susul, pra panitia tidak menunjukkan sikap keberpihakan kepada salah satu calon, serta jadikan tugas panitia ini, sebagai kesempatan untuk memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran bagi kemajuan desa dengan mengesampingkan ego pribadi atau kelompok.

Baca Juga :   Wakili Bupati, Suroto Buka Rakerda FPKS Kab.Kutai Timur

“Dan terakhir selalu mengutamakan musyawarah dalam menghadapi permasalahan sehingga menghasilkan keputusan yang terbaik, “ katanya.

Di akhir sambutan, Kasmidi berharap semoga pelaksanaan Pilkades berjalan baik, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, serta situasi kondusif dan aman dapat berlangsung sampai akhir tahapan. Dirinya juga meminta momen Pilkades ini jadikan sebuah pelajaran demokrasi untuk menghargai perbedaan pilihan namun tetap bersatu dalam menciptakan ketertiban dan keamanan, serta meminta seluruh pihak bisa berpartisipasi secara aktif dalam mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa ini.

“Agar dapat memberikan kontribusi positif bagi penyelenggaraan Pilkades untuk menjamin Pilkades berjalan aman, tertib, lancar,sehingga dapat bersama kita wujudkan Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua, “ pungkasnya.(Kt-Tj)

Berita Terkait

Lantik 1117 PPPK, Ardiansyah Ingatkan Soal Kinerja Pegawai
Jalan Kota Rantau Pulung Bakal di Perbaiki Tahun Ini
Bupati Ikut Panen Padi Di Sangatta Selatan Dengan Hasil 4,8 Ton Padi
DPC Demokrat Ingin Wajah Baru Pemimpin Kutim, Agiel Suwarno Resmi Ambil Formulir Pendaftaran
PDAM Kutim Pastikan Distribusi Air Bersih Aman Saat Lebaran
Jelang Mudik Lebaran, Dishub Kutim Pastikan Kendaraan Di Kutim Layak Jalan
Pengurus PWI Kutim Resmi di Lantik
Tega!! Satu Keluarga Di Kutim Cabuli Anak Dibawah Umur

Berita Terkait

Senin, 25 Maret 2024 - 16:41 WITA

Bakar Mobil Truk di Depan Kantor Kejari Kutim, Pria Kaliorang Di Ancam 12 Tahun Penjara

Selasa, 20 Februari 2024 - 16:12 WITA

Tega!! Satu Keluarga Di Kutim Cabuli Anak Dibawah Umur

Berita Terbaru

Advertorial

Lantik 1117 PPPK, Ardiansyah Ingatkan Soal Kinerja Pegawai

Jumat, 26 Apr 2024 - 18:11 WITA

Advertorial

Jalan Kota Rantau Pulung Bakal di Perbaiki Tahun Ini

Rabu, 24 Apr 2024 - 18:44 WITA

Berita

Arfan Siap Di Pinang Irwan Pecho Dari Partai Demokrat

Senin, 22 Apr 2024 - 12:52 WITA

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!