Wabup Buka Seleksi Tahap Pemilihan Duta Kabupaten, Kasmidi : Jangan hanya dijadikan ajang adu tampan dan pesona fisik semata

- Redaksi

Kamis, 23 Juni 2022 - 12:15 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

Kaltimterkini.com, Sangatta – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki potensi seni budaya yang sangat beragam. Potensi seni budaya yang terdapat dalam dua pilar, yakni pesisir dan pedalaman, salah satunya adanya Pesta Adat Lomplai yang terdapat di Kecamatan Muara Wahau sudah diakui sebagai Warisan Budaya tak benda pada Tahun 2015.

” Serta Tradisi Adat Bekenjong dari Kecamatan Muara Ancalong dinobatkan menjadi Warisan Budaya Takbenda juga oleh Kemendikbud Riset dan Teknologi pada tahun 2021,” ujar Wakil Bupati H Kasmidi Bulang sesaat sebelum membuka Seleksi Tahap Awal Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutai Timur Tahun 2022 oleh Dinas Kebudayaan, di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Kamis(23/6/2022).

Katanya, Pelestarian dan pembinaan kebudayaan juga sejalan dengan misi pertama Kabupaten Kutim, yakni mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia, berbudaya dan bersatu. Terkait Kegiatan Pemilihan Duta Budaya, Kasmidi berharap, bisa menjadi wadah bagi putra – putri terbaik di Kabupaten Kutim, untuk menyalurkan bakat dan wawasan kebudayaan.

“Jangan hanya dijadikan ajang adu tampan dan pesona fisik semata, melainkan juga untuk berfikir kritis, inovatif dan kreatif dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan., ” Pintanya di hadapan Sekretaris Dinas Kebudayaan Muhammad Rodiansyah serta peserta yang hadir.

Terakhir, Kasmidi berpesan siapapun yang terpilih menjadi finalis Duta Budaya Kabupaten Kutim, agar memiliki inovasi dan kreatifitas dalam rangka proses pelestarian, pengembangan dan pemajuan kebudayaan khususnya kebudayaan yang dimiliki oleh Kabupaten Kutai Timur.

Baca Juga :   Bupati Sebut Kutim Indonesia Mini, Beragam Suku Ada Di Sini

Sebelumnya, dalam laporannya Sekretaris Disbud Muhammad Rodiansyah mewakili Kadisnya mengatakan, peserta seleksi tahap awal Pemilihan Duta Budaya Kabupaten Kutim Tahun 2022 kali ini, diikuti oleh sebanyak 71 peserta, yang terdiri atas peserta laki-laki sebanyak 23 peserta dan perempuan sebanyak 48 peserta, dengan mengambil tema “Muda Berwawasan: Muda Berkarakter: Muda Kreatif, Inisiatif Dan Dinamis: Muda Berbudaya”

“Merupakan perwakilan pelajar, mahasiswa serta individu yang yang terdiri dari berasal dari putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Kutim, ” terangnya.

Selanjutnya, Duta Budaya yang terpilih diharapkan mampu merepresentasikan, melestarikan, memanfaatkan dan mempromosikan Kebudayaan di Kabupaten Kutai Timur.

“Dari 71 peserta nantinya akan di pilih masing-masing 10 perwakilan putra putri yang dilanjutkan dengan proses karantina yang di isi dengan materi dan pembekalan bagi peserta selama 3 hari di salah satu Hotel di Sangatta, ” Ujarnya. (Kt-Tj)

Berita Terkait

Pengurus PWI Kutim Resmi di Lantik
Tega!! Satu Keluarga Di Kutim Cabuli Anak Dibawah Umur
Dalam Rangka Kunjungan Kerja Hj.Fitriani Hadiri Pansus Pengarustamaan Gender Di Yogyakarta
Guna Permudah Panen Sawit, Joni Serahkan Alat Bantu Panen Pada Poktan Di Rantau Pulung
Ketua DPRD Kutim Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi Para Guru, Di Hari Guru Indonesia
Ubaldus Tegaskan Bagi Karyawan Yang Bekerja Lebih Dari Satu Tahun Seharunya Sudah Punya KTP
Salurkan Aspirasi Pada Petani Madu Kelulut Kutim, Hj. Fitrniani Harapkan Petani Lebih Semangat Maju Terus Pantang Mundur
Joni Serahkan Bantuan Motor 3 Roda Pada 4 RT Di Desa Singa Geweh Sangatta Selatan

Berita Terkait

Kamis, 21 Desember 2023 - 15:16 WITA

Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia

Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:23 WITA

Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim

Senin, 11 Desember 2023 - 05:27 WITA

Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal

Sabtu, 25 November 2023 - 16:30 WITA

Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi

Jumat, 17 November 2023 - 16:40 WITA

Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Kamis, 16 November 2023 - 18:29 WITA

Disdikbud Kutim Gelar Bimbingan Teknis Di Samarinda Tentang Perencanaan Berbasis Data

Kamis, 16 November 2023 - 16:57 WITA

Guna Wujudkan Good Governance, Bupati Kutim Tindaklanjuti Hasil Kegiatan Koordinasi Supervisi Program Pemberantasan Korupsi

Kamis, 16 November 2023 - 15:18 WITA

Bupati Buka Kegiatan Pengembangan Dan Evaluasi Penanggulangan Tuberkolusis Di Kutai Timur

Berita Terbaru

Kutai Timur

Pengurus PWI Kutim Resmi di Lantik

Kamis, 29 Feb 2024 - 14:39 WITA

Kriminal

Tega!! Satu Keluarga Di Kutim Cabuli Anak Dibawah Umur

Selasa, 20 Feb 2024 - 16:12 WITA

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!