Menu

Mode Gelap
Dispar Kutim gelar Pelatihan Tingkatkan SDM di Bidang Kuliner Dinsos Kutim kembali Salurkan Bantuan dari Program DTKS Kaltim Jelang Pilkades Serentak, Ardiansyah Tekankan Jangan lagi ada Rekayasa Aturan DLH Kutim Gandeng GIZ Gelar Lokalatih Pelaporan Inventarisasi Emisi GRK Berangkatkan 83 Calhaj, Ardiansyah Doakan Jadi Haji Yang Mabrur

Advertorial · 23 Nov 2021 07:19 WITA

Diskominfo Kutim Adakan Pelatihan TIK Guna Perkuat Kemampuan IT


 Diskominfo Kutim Adakan Pelatihan TIK Guna Perkuat Kemampuan IT Perbesar

KUTAI TIMUR – Diskominfo Kutim Adakan Pelatihan TIK Guna Perkuat Kemampuan IT . Perkembangan teknologi informasi terus berkembang Guna meningkatkan kompetensi teknik jaringan computer (TIK) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur.

Pemkab Kutim melalui Diskominfo Kutim menggelar pelatihan jaringan TIK. Dengan tujuan menggunakan atau mengelola TIK secara profesional dalam melaksanakan pekerjaan masing-masing OPD dan mendukung pelayanan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo dan Perstik Kutim)

Pelatihan yang diikuti 35 peserta yang merupakan perwakilan dari OPD itu, dibuka Plt Asisten Administrasi Umum Rizali Hadir, di ruang Pelangi, Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kutim, Selasa (23/11/2021).

Dalam sambutannya, Rizali Hadi mengatakan teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengola data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yang informasi relevan, akurat dan tepat waktu.

Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data sistem jaringan untuk menghubungkan suatu komputer yang lainnya sesuai kebutuhan dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat tersebar dan diakses secara global.

“Selanjutnya tujuan dari kegiatan ini adalah semoga mampu meningkatkan kompetensi teknik jaringan computer (TIK) bagi ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kutim dalam hal menggunakan atau mengelola TIK secara profesional dalam melaksanakan pekerjaan masing-masing OPD dan mendukung pelayanan publik.,” Rizali yang juga adalah Kepala Dinas Perhubungan Kutim ini.

Oleh karena itu, sambung Rizali, melalui pelatihan jaringan TIK diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut. Meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut. Di samping mengasah ilmu juga juga mengasah keterampilan dalam jaringan komputer.

Lebih lanjut dikatakan Rizali, dewasa ini istilah data menjadi hal yang lama didorong sebagai proses mempermudah pekerjaan pada SKPD ditingkat pemerintah kota/kabupaten.

Pemanfaatan didukung oleh salah satu infrastruktur penting yaitu jaringan komputer yang baik dan benar. Kebutuhan infrastruktur jaringan komputer pada suatu SKPD membutuhkan daya dukung manajemen jaringan.

“Salah satu alasan yang paling penting saat ini adalah bagaimana mengamankan jaringan tersebut dari tindakan dan ancaman keamanan terhadap jaringan,” ucapnya.

Lebih jauh diuraikannya, manajemen jaringan dapat mempermudah dalam hal perawatan dan pengembangan jaringan, guna mendukung terwujudnya implementasi dan penggunaan dari satu data ya g dicanangkan pemerintah pusat.

“Harapan kedepannya jaringan dalam infrastruktur satu data ini dapat lebih mudah diimplementasikan pada tingkat struktur terkecil yang nantinya dapat mudah dalam hal menjalankan pekerjaan dan melayani dan kebutuhan masyarakat. (adv)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

380 Siswa SMKN 2 Dilepas Wabup Ikuti Orientasi dan Pembekalan di Mako Lanal Sangatta

19 Juli 2022 - 16:19 WITA

Seskab Rizali Hadi : Disiplin Menjadi Tolak Ukur Bagi seluruh ASN di Kutim

7 Juli 2022 - 23:21 WITA

Kutim Targetkan Penurunan Angka Stunting sesuai Arahan Nasional

7 Juli 2022 - 23:18 WITA

Kutim Masih Butuh Tenaga Honorer, Karena Terbatasnya Formasi ASN

7 Juli 2022 - 23:15 WITA

Pemkab Gelar Rakor Kepegawaian, Begini Pesan Bupati Kutim

6 Juli 2022 - 13:42 WITA

Ini Pesan Wabup kepada Duta Budaya Kutim 2022

6 Juli 2022 - 12:39 WITA

Trending di Advertorial