Dukung Ekonomi Kreatif, Dispar Kutim Menggelar Pelatihan Videografi

- Redaksi

Kamis, 3 Agustus 2023 - 10:10 WITA

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Loading

SANGATTA – Dalam mendukung pengembangan kapasitas pelaku ekonomi kreatif, Dinas Pariwisata Kutai Timur (Dispar Kutim) telah mengadakan pelatihan videografi selama tiga hari dari tanggal 3 Agustus hingga 5 Agustus 2023. Acara ini dibuka oleh Kepala Dispar Kutim, Nurullah, yang didampingi oleh Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Yunita Ronting, Kabid Pengembangan SDM dan Ekraf Dian Anggraeni, serta Kepala Bidang Ekraf Ahmad Rifani di D’Lounge Hotel Royal Victoria.

Dalam pelatihan ini, Dispar Kutim mengundang instruktur video yang berkompeten di bidangnya yang berasal dari Kota Bandung yakni Ari Wibowo (Lecturer Videography & Visual Communication, Profesional Videographer dan Tourism Consultant) dan Surya Adi Nugraha (Profesional Videographer, Video Editor dan Scriptwriter). Jumlah peserta yang dilatih berjumlah 50 orang yang berasal dari pelaku Ekraf dan pemandu wisata mulai dari organisasi kepariwisataan, komunitas, hingga pegiat wisata di Kutim.

Baca Juga :   Meningkat! Realisasi Investasi Di Kutai Timur Alami Peningkatan Setiap Tahun

Dalam arahannya, Kepala Dispar Kutim Nurullah menegaskan dalam kegiatan ini, Dispar Kutim ingin melahirkan SDM profesional Ekraf dan pariwisata di bidang videografi.

“Intinya Dispar Kutim ingin menambah skill (keterampilan) generasi milenial Kutim. Dan dalam hal ini Dispar Kutim selalu mendampingi dan mensupport untuk kemajuan SDM Kutim lebih profesional dan terampil serta menguasai hal teknis mulai dari pengambilan gambar hingga finishing (editing) dan fokusnya memajukan dunia Ekraf dan pariwisata lebih menarik perhatian,” bebernya.

Selanjutnya, ditegaskan Nurullah tentunya pelatihan ini membuka jalan melihat peluang usaha di bidang videografi sehingga para peserta harus memanfaatkannya dengan mengasah kemampuan teknis.

“Kemampuan untuk menggali setiap potensi usaha harus dimunculkan, terlebih pemerintah mendorong terciptanya tenaga profesional di bidang videografi yang masuk dalam 17 sub sektor parekraf. Untuk itu, industri ini bisa diandalkan,” ulasnya.

Baca Juga :   Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati

Selanjutnya, pelatihan ini ditujukan bisa memberdayakan kemampuan mereka, dan tidak hanya menggunakan perkembangan teknologi informasi untuk hiburan semata.

“Diharapkan para peserta bisa menghasilkan karya video dengan berbagai konten positif dan bermanfaat,” tambahnya.

Beberapa materi pendalaman turut dijelaskan oleh narasumber Ari Wibowo. Ia banyak membicarakan permasalahan teknis yang terjadi di video dan bagaimana mengatasinya. Seperti cara pengambilan angle, pemilihan kamera yang tepat hingga lensa, kemudian cara editing yang tepat hingga colour grading. Ia pun mengajak seluruh peserta bisa mengasah kemampuan rasa untuk menciptakan videografi yang sinematik.

“Memang ini menjadi tantangan yang besar, tapi jika kita terus berlatih dan memperbanyak jam terbang semua bisa, asal ada kemauan,” tegas pria kelahiran Magelang tersebut.

Sementara itu, narasumber Surya Adi Nugraha membeberkan banyak tentang komposisi sinematik yang harus dikuasai oleh seorang videografer tentu sesuai kebutuhan yang diambil apa itu terkait komersial hingga kepentingan pribadi (hobi). Beberapa materinya dia menjelaskan tentang Rule of Third yakni bagaimana memposisikan objek di sepertiga bagian dalam foto lebih estetik. Kemudian ada Leading Line yaitu melatih kepekaan dalam mengatur komposisi gambar berdasarkan posisi objek. Ada juga implementation (penerapan leading line) dan symmetry yaitu bagaimana teknik komposisi yang paling mudah untuk menghasilkan gambar yang sinematik. Berikutnya ada juga Headroom, bagaimana jarak yang diberikan antara bagian atas dari subjek dengan frame video.

Baca Juga :   Optimalisasi Dana Bantuan Rp 50 Juta Per RT, Yuriansyah Minta Penggunaan Sesuai Aturan

“Semua harus bisa dikuasai dalam teknik komposisi, ini modal penting menjadi videografer profesional,” terangnya.

Dalam kegiatan pelatihan ini, para peserta juga turut mengumpulkan karya videografinya yang langsung dinilai oleh narasumber. Video terbaik akan mendapatkan voucher menginap di Hotel Royal Victoria dan hadiah menarik dari Dispar Kutim.(Adv)

Berita Terkait

Pesantren Kilat Ramadhan 1445H Disdik Kutim Di Buka Bupati
Berkah Ramadhan, Baznas Kutim Siap Bagikan 4000 Paket Sembako Untuk Mustahik
Kutai Timur Bakal Punya Pabrik Amonium Nitrat Inovatif dan Berkualitas di Indonesia
Akreditasi PAUD PNF Terbanyak se Kaltim, Bunda PAUD dan Disdikbud Kutai Timur Raih Tiga Penghargaan dari BAN PAUD PNF Prov. Kaltim
Disdik Adakan Bimtek Pengembangan Aplikasi Learning Management System Untuk Pendidikan Nonformal
Pengukuhan Perempuan Indonesia Maju, Bupati Harap Perempuan Diberi Ruang Yang Adil
Kasmidi Bulang Lepas Peserta Jelajah Bukit Pelangi
Darsafani Upayakan Diskop UKM Kutim Dari Grade B Naik Ke Grade A

Berita Terkait

Senin, 22 April 2024 - 16:02 WITA

Bupati Ikut Panen Padi Di Sangatta Selatan Dengan Hasil 4,8 Ton Padi

Minggu, 3 Maret 2024 - 15:24 WITA

Jelang Mudik Lebaran, Dishub Kutim Pastikan Kendaraan Di Kutim Layak Jalan

Sabtu, 25 November 2023 - 22:51 WITA

Dalam Rangka Kunjungan Kerja Hj.Fitriani Hadiri Pansus Pengarustamaan Gender Di Yogyakarta

Sabtu, 25 November 2023 - 20:22 WITA

Guna Permudah Panen Sawit, Joni Serahkan Alat Bantu Panen Pada Poktan Di Rantau Pulung

Sabtu, 25 November 2023 - 11:06 WITA

Ketua DPRD Kutim Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi Para Guru, Di Hari Guru Indonesia

Jumat, 24 November 2023 - 18:55 WITA

Ubaldus Tegaskan Bagi Karyawan Yang Bekerja Lebih Dari Satu Tahun Seharunya Sudah Punya KTP

Jumat, 24 November 2023 - 18:06 WITA

Salurkan Aspirasi Pada Petani Madu Kelulut Kutim, Hj. Fitrniani Harapkan Petani Lebih Semangat Maju Terus Pantang Mundur

Jumat, 24 November 2023 - 15:49 WITA

Joni Serahkan Bantuan Motor 3 Roda Pada 4 RT Di Desa Singa Geweh Sangatta Selatan

Berita Terbaru

Berita

Arfan Siap Di Pinang Irwan Pecho Dari Partai Demokrat

Senin, 22 Apr 2024 - 12:52 WITA

Kriminal

Oknum ASN Kutim Perkosa Anak Tirinya 19 Kali

Senin, 8 Apr 2024 - 15:19 WITA

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!